Teknik Mengecat Motor Vespa

Motor di dunia ini berbagai macam bentuknya. Dan disetiap motor tersebut pastinya memiliki keunikan tersendiri dan kecepatan tersendiri yang dapat membantu siapa saja yang mengendarainya. Berbagai macam motor kini ada yang menarik perhatian, yaitu vespa. Ya, vespa. Motor unik ini dulu juga pernah ada. Perlu diketahui sebelumnya bahwa vespa merupakan sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Pada awal kedatangannya vespa, ia memiliki saingan berat yaitu skuter Lamvretta. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi. Vespa merupakan alat transportasi yang banyak dan yang ekonomis saat ini, karena harganya murah tetapi tetap berkualitas.

Dan pastinya tak asing lagi dengan vespa dikarenakan vespa tersebut sudah menjadi vespa matic yang biasa berada di jalan. Meskipun kini banyak yang memiliki vespa matic dan terbaru, tapi masih ada beberapa orang yang masih memiliki vespa lama. Mereka selalu menjaganya dengan baik dan benar. Bahkan ada juga yang mengecat motor tersebut menjadi lebih baik dan unik lagi. Mengecat vespa bisa dibilang mudah-susah, itu tergantung dari siapa yang mengecat motor tersebut. Langkah atau caranya bisa dilakukan, caranya pun sederhana. Tetapi sebelum itu siapkan terlebih dahulu apa yang diperlukan untuk mengecat vespa, jika sudah terpenuhi semua maka mengecat motor vespa siap untuk dilakukan.

Cara sederhanya bisa dilakukan di rumah. Pertama amplas area yang akan di cat sampai benar-benar bersih. Kemudian berikan epoxy atau dasari epoxy, diusahakan jangan sampai terlalu tipis atau tebal. Setelah itu campurkan epoxy dengan hardener dan tiner A. jika sudah amplas lagi kemudian di lap, epoxy kering sampai halus. Cat dasar bisa diberi warna putih atau silver, dan campurkan cat dasar. Setalh itu campurkan cat dasar tadi dengan tiner ND=1:0.5. Selanjutnya cat warna sesuai dengan keinginan, dan cat dimana tempat yang ingin dicat. Tetapi jangan sampai sembarangan untuk mengecat sesuatu yang seharusnya tak boleh dicat. Usahakan untuk mengecat sampai tiga kali lapis supaya warna yang tadi dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Setelah selesai mengecat dan terlihat rata dan kering baru lap, berikan clear yang bermutu dan disemprot sampai 4 – 5 lapis. Untuk proses pengeringannya di usahakan jangan dijemur langsung di bawah terik matahari. Hal itu bisa digantikan dengan dianginkan saja. Merek cat bisa platinum atau danaglos yang biasa digunakan atau yang lain, itu tergantung dari diri sendiri dan tergantung atau sesuai dengan isi kantong. Jika direkomendasikan cat yang paling bagis dan menginginkan hal yang bagus, pilih cat yang akan menjami kualitas tersebut. Itu merupakan cara yang sederhana untuk mengecat motor vespa.

Kemudian ada juga cara yang bisa dibilang cukup sulit dan dibilang cukup mudah, yaitu pertama dengan amplas area yang akan di cat, usahakan sampai benar-benar bersih. Kemudian beri epoxy seperti cara yang sederhana tadi. Kemudian setelah dilap, amplas kembali setelah itu epoxy kering sampai halus. Di cara sederhana, cat dasar adalah putih dan silver, sedangkan untuk cara seperti ini cukup menggunakan warna silver sebagai cat dasarnya. Jika di cara sederhana melakukan pengecatan sampai tiga kali lapis, bedanya di sini lakukan sampai empat kali lapis agar maksimal. Disemprot 3 – 5 lapis, dan pengeringannya pun sama. Cara sederhana mengecat motor apapun dapat dilakukan juga oleh semua orang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s